Senin, 04 Oktober 2010

Tahap Proses Untuk Memproduksi Bahan Baku Gula dari Tebu

Gula pasir dengan kemurnian 99,9% sukrosa adalah salah satu dari produk dengan kemurnian tertinggi yang dihasilkan dari bahan alam dalam kuantitas tinggi.
Tebu diproses dalam 2 tahap utama, proses pendahuluan yang dioperasikan di tempat di dekat tebu itu tumbuh, proses tersebut adalah memproduksi bahan baku gula dari tebu dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pencucian dan Penggilingan : Tebu dicuci dengan jet air untuk membebaskannya dari pengotor dan kemudian dicacah menjadi bagian kecil. Bagian ini dilewatkan ke penggilingan tekanan tinggi yang memeras sugar-laden juice keluar dari sel tumbuhan. Tambahkan lagi air pada akhir penggilingan untuk mengeluarkan lagi kandungan gula yang masih tersisa. Bubur tebu yang tersisa, yang dikenal sebagai ampas tebu, digunakan untuk bahan bakar atau untuk pembuatan papan serat isolasi.
  2. Clarification : Bubuk kapur, Ca(OH)2, ditambahkan ke sugar-laden juice, kemudian dipanaskan. Sari tersebut kemudian memasuki tangki induk besar, dimana bahan koloid dikoagulasi dan garam kalsium yang tidak larut dikeluarkan. Buih ditarik dari bagian bawah clarifier yang disaring untuk menghasilkan kembali sari tambahan.
  3. Penguapan, kristalisasi, dan sentrifugasi : Clarified juices kemudian masuk ke steamheated evaporators, yang menguapkan sebagian besar air, menghasilkan larutan yang mengandung 65% berat dari sukrosa. Larutan ini kemudian dididihkan pada tangki vakum. Sejumlah air diuapkan sampai sukrosa melebihi batas kelarutannya, dan sebagai hasilnya kristal gula terbentuk. kristal gula dipisahkan dari cairan supernatan dengan cara sentrifugasi. produk cair, yang dikenal sebagai blackstrap molasses, digunakan terutama sebagai komponen pakan ternak.  
Gula padat yang dihasilkan dari proses ini mengandung 97% sukrosa, dan biasanya dikirim ke tempat konsumsi terdekat untuk diproses lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar